Ekonomi Digital – Lenovo

ANALISIS RESPON ORGANISASI YANG DIDUKUNG TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MERESPON TEKANAN-TEKANAN BISNIS YANG MENCANGKUP TEKANAN PASAR, TEKANAN TEKNOLOGI, DAN LINGKUNGAN SOSIAL



Strategi perusahaan berbasis sistem informasi perlu dibuat karena sumber daya yang dimiliki perusahaan sangat terbatas, sehingga harus dimanfaatkan secara optimal. Strategi ini juga digunakan untuk meningkatkan daya saing atau kinerja perusahaan karena para kompetitor memiliki sumberdaya teknologi yang sama dan memastikan bahwa aset teknologi informasi dapat dimanfaatkan secara langsung maupun tidak langsung dalam meningkatkan profitabilitas perusahaan, baik berupa peningkatan pendapatan mapun pengurangan biaya. Selain itu, strategi perusahaan berbasis sistem informasi digunakan untuk mencegah terjadinya kelebihan atau kekurangan investasi serta menjamin bahwa teknologi informasi yang direncanakan benar-benar menjawab kebutuhan bisnis perusahaan akan informasi.

SEKILAS TENTANG LENOVO

Sistem informasi yang diaplikasikan oleh perusahaan untuk menunjang strateginya dapat pula digunakan untuk melihat kecenderungan tren bisnis di masa depan. Dengan adanya sistem informasi, maka perusahaan dapat mengantisipasi perubahan-perubahan yang mungkin terjadi dalam jangka pendek, menengah, maupun panjang karena adanya perubahan orientasi bisnis. Disamping itu, sistem informasi yang unggul akan menciptakan barriers to entry pada kompetitor karena adanya kerumitan teknologi untuk memasuki persaingan pasar.

Lenovo merupakan perusahaan komputer yang ternama. Perusahaan ini bahkan dianggap sebagai produsen terbesar di Cina. Tahun 2013, perusahaan ini bahkan dianggap sebagai produsen komputer terbesar di dunia. Perusahaan yang bermarkas di Beijing ini pada awalnya merupakan perusahaan kecil. Pada awal berdirinya, Lenovo bukanlah nama pertama. Perusahaan komputer ini dulunya bernama Legend (dalam bahasa Cina, Lianxiang). Perusahaan ini didirikan pada tahun 1984 oleh Liu Chuanzi bersama sepuluh orang lainnya. Menariknya, ketika didirikan, perusahaan ini hanya memiliki modal kecil. Uniknya pula,  Legend saat itu bermarkas di sebuah ruang satpam. Perusahaan Legend pada awalnya memulai bisnis komputernya secara perlahan. Kemudian seiring berjalannya waktu, perusahaan ini semakin dikenal di Cina. Perusahaan Legend kemudian tumbuh besar. Perusahaan ini semakin menanjak ketika negara Cina mulai bergabung dengan Organisasi Perdagangan Dunia atau WTO. Dan pada tahun 2004, Liu Chuanzi mengganti nama perusahaan ini menjadi Lenovo. Pergantian nama ini pun menjadi keberuntungan sendiri.  Tahun 2004 bisa dikatakan menjadi tonggak sejarah Lenovo di mata internasional.  Hal ini karena pada tahun tersebut, Lenovo sukses masuk ke posisi delapan sebagai produsen PC terbesar di dunia.

TEKANAN PASAR

Tekanan Pasar yang ini merupakan tekanan yang berasal dari ekonomi global dan kompetisi yang sangat kuat, perubahan sifat tenaga kerja dan kekuatan customer.

  1. Ekonomi Global dan Kompetisi yang Sangat Kuat

Tak bisa dipungkiri, persaingan perusahaan teknologi saat ini terus berkembang. Hampir semua perusahaan teknologi khususnya smartphon berlomba-lomba guna memikat para konsumen. Bisa dikatakan hampir semua segmen kini mulai dibidik para produsen smartphone. Tak hanya produk flagship, para vendor juga saling berlomba untuk menciptakan ponsel di segmen kelas bawah. Lenovo salah satunya. Membidik segmen entry level, vendor asal Tiongkok itu mengeluarkan Lenovo K3 ‘Music Lemon’. Dimana telah mengusung layar 5 inch dengan resolusi 720p, kamera belakang 8 MP, kamera depan 2 MP, WaveMaxx audio, serta baterai berkapasitas 2300 mAh.

2. Perubahan Sifat Tenaga Kerja

Perkembangan kemajuan bidang teknologi dan informasi membawa dampak dalam berbagai kehidupan, baik secara individu maupun kelompok. Kemajuan teknologi ini menuntut individu untuk mampu merancang, membuat, dan menggunakan serta melaksanakan teknologi dalam kegiatan sehari-hari, dalam berbagai kegiatan pekerjaan, pendidikan, maupun kegiatan sosial. Penggunaan komputer dalam bekerja sangat membantu dan memudahkan manusia dalam menyelesaikan pekerjaannya. Penggunaan komputer dewasa ini sudah mencakup semua lapisan masyarakat baik komputer desktop maupun laptop.

Tinggginya peranan teknologi dalam kegiatan sehari-hari tidak dapat dilepaskan dari fungsi teknologi itu sendiri yang memudahkan pekerjaan. Tingginya penggunaan teknologi memaksakan suatu produsen untuk menyediakan permintaan masyarakat dalam fungsi yang fleksibel, yang memudahkan suatu kegiatan. Lenovo suatu produsen produk Lenovo dan Thinkpad berhasil menyediakan perimintaan konsumen yang tinggi, untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang ada di Indonesia.

Tingginya kebutuhan konsumen di Indonesia, memungkinkan membutuhkan support yang tinggi pula. Lenovo support yang ada di Indonesia terutama perusahaan PT. IBM-Jasa Teknologi Informasi merupakan salah satu support Lenovo yang dapat menyediakan support untuk masalah (Trouble Shooting ) produk Lenovo, IBM, dan ThinkPad. Support yang tersedia tentunya akan memberikan support terhadap masalah-masalah yang timbul dalam produk-produk Lenovo, IBM, maupun ThinkPad. Sehingga masalah yang dapat mengganggu penguna produk tersebut dapat diminimalkan. Sehingga dapat memaksimalkan fungsi dari produk Lenovo sehingga lebih efisien.

3. Kekuatan Customer

TBR telah menempatkan Lenovo pada posisi nomor satu dalam penelitian mengenai perilaku pembelian dan kepuasan pelanggan TI korporasi (Corporate IT Buying Behavior and Customer Satisfaction Studies) untuk laptop dan desktop komersial yang dilakukan TBR pada kuartal ketiga dan keempat tahun 2009. Laporan ini mengakui kemampuan Lenovo dalam menghadirkan laptop ThinkPad, desktop ThinkCentre dan layanan bagi para pelanggan bisnis besar. TBR juga menyoroti kepuasan pelanggan yang kuat terhadap Lenovo dalam hal waktu perbaikan produk dan dukungan teknis melalui telepon. “Lenovo menjadi satu-satunya vendor PC yang meraih posisi pertama untuk laptop dan desktop. Kami fokus dalam upaya menghadirkan produk-produk unggulan dengan teknologi dan inovasi yang memiliki diferensiasi bagi para pelanggan, kata Peter Hortensius, Senior Vice President, Think Product Group, Lenovo. Untuk itu, pihaknya telah melengkapi laptop ThinkPad dan desktop ThinkCentre dengan dukungan teknis yang kuat melalui telepon dan penawaran layanan yang lebih luas untuk menciptakan solusi teknologi PC enterprise.

TEKANAN TEKNOLOGI

  1. Inovasi dan Keusangan Teknologi

Inovasi dan penerapan teknologi yang tepat merupakan kunci utama sebuah perusahaan atau industri untuk berkembang dan bisa bersaing dengan baik di tingkat nasional maupun global. Berkaitan dengan inovasi, dia juga mengungkapkan tentang persaingan bisnis. Saat ini, persaingan bisnis sudah semakin ketat, baik di tingkat nasional maupun internasional. Karena itu, dibutuhkan kultur sebuah perusahaan, atau industri dalam membangun bisnisnya. Dia pun menekankan, selain teknologi, sebuah perusahaan atau industri membutuhkan talenta dan iklim berinovasi yang toleran. Artinya, perusahaan harus membuka diri terhadap perkembangan dari tren inovasi yang terjadi.

Dalam melakukan inovasi dibutuhkan tiga hal, yakni teknologi, talenta, dan atmosfer toleran. Kalau tidak punya suasana kerja yang terbuka, kita susah untuk berinovasi. Berionovasi artinya kita melakukan sesuatu yang berada. Kalau kita berada dalam suatu perusahaan, kan sudah ada kebiasaan. Kalau suasananya tidak ramah terhadap perubahan, susah untuk berinovasi.

Sebelum berbicara tentang ekonomi, hal yang terlebih dahulu harus dipahami adalah digital teknologi. Sebab, kadang orang mempersepsikan ekonomi digital sama dengan e-commerce. Padahal, keduanya merupakan sesuatu yang berbeda. Sebelum kita bicara ekonomi digital, kita pahami dulu teknologi digital. Karena, orang kadang menyamakan ekonomi digital sama dengan e-commerce. Sebab, ekonomi digital berbeda dengan teknologi digital.

2. Informasi yang melewati Batas

Internet merupakan salahsatu jaringan telekomunikasi informatika yang mempunyai ketersedian informasi kepada individu maupun kelompok secara signifikan.dan hamper semuanya dapat diperoleh secara mudah dan gratis, bahkan bisa diperoleh dimana dan kapan saja ketika dibutuhkan.

TEKANAN SOSIAL

  1. Tanggung Jawab Sosial

Pertama, yaitu tanggung jawab sosial terhadap customer yang mana tanggung jawab ini lebih luas dan tidak hanya menyediakan jasa atau barang saja. Perusahaan memiliki tanggung jawab produksi dan penjualan kepada customer (pelanggan). Dimana dalam menghasilkan produk bisa menjamin keselamatan pelanggan. Sedangkan untuk penjualan, perusahaan melakukan strategi bisnis sesuai dengan kenyataan tidak melebih-lebihkan dalam periklanan.

Tanggung jawab sosial perusahaan yang kedua yaitu kepada karyawan. Tanggung jawab perusahaan kepada karyawan ini yaitu meliputi memberikan rasa aman kepada semua karyawan, mendapat perlakuan yang layak dari satu karyawan ke karyawan yang lain, mendapatkan perlindungan terhadap segala macam pelecehan, dan mempunyai kesempatan yang sama dalam suatu perusahaan.

Selain kepada karyawan, perusahaanjuga memiliki tanggung jawab terhadap kreditor. Ketika perusahaan mengalami suatu masalah yang berkaitan dengan keuangan dan belum bisa memenuhi kewajibannya, maka perusahaan harus menginformasikan kepada kreditor.

2. Regulasi dan Deregulasi Pemerintah

Di tengah pelemahan per ekonomian nasional dan dunia saat ini, akan banyak di antara kita yang percaya bahwa regulasi oleh pemerintah semakin diperlukan untuk menghindari keadaan yang semakin buruk dan melindungi pelaku ekonomi yang mengalami kesulitan. Namun, tentu ada yang berpendapat sebaliknya; yang diperlukan saat ini ialah justru deregulasi agar potensi ekonomi dapat lebih dikembangkan menghadapi pelemahan ekonomi nasional dan dunia.

3. Serangan Teroris dan Proteksi

Pada zaman yang semakin modern sistem informasi selalu berada dalam kerentanan penyalahgunaan oleh pihak lain yang mampu menembus beberapa tingkatan pengamanan yang ada dalam sebuah sistem. Selalu saja ada kejahatan yang terjadi dalam penyalahgunaan sistem informasi. Dewasa ini seiring berkembangnya ilmu pengetahuan khususnya dalam teknologi informasi menyebabkan banyak cara yang muncul dalam membobol suatu sistem informasi milik orang lain.

Dalam hal ini dibutuhkan perlindungan dalam suatu sistem informasi. Laudon menuliskan bahwa pengamanan adalah merujuk kepada kebijakan, prosedur, dan pengukuran teknik yang digunakan untuk mencegah akses yang tidak sah, penggantian, pencurian, atau kerusakan fisik pada sistem informasi. Sedangkan pengendalian terdiri atas semua metode, kebijakan, dan prosedur organisasi yang menjamin keselamatan aset-aset organisasi, ketepatan, dan keandalan catatan rekeningnya serta kepatuhan operasional pada standar-standar manajemen.

Sistem informasi harus memiliki pengamanan dan pengendalian agar tidak terjadi pencurian dan penyalahgunaan terhadap data dari suatu sistem informasi yang dapat menyebabkan kerugian bagi seseorang. Dengan adanya pengamanan dan pengendalian tentu akan meminimalisir terjadinya penyalahgunaan yang dimiliki oleh seseorang.

4. Isu Etika

Didalam bisnis tidak jarang berlaku konsep tujuan menghalalkan segala cara. Bahkan tindakan yang berbau kriminal pun ditempuh demi pencapaian suatu tujuan. Kalau sudah demikian, pengusaha yang menjadi pengerak motor perekonomian akan berubah menjadi binatang ekonomi.Terjadinya perbuatan tercela dalam dunia bisnis tampaknya tidak menampakan kecenderungan tetapi sebaliknya, makin hari semakin meningkat. Tindakan mark-up, ingkar janji, tidak mengindahkan kepentingan masyarakat, tidak memperhatikan sumber daya alam maupun tindakan kolusi dan suap merupakan segelintir contoh pengabdian para pengusaha terhadap etika bisnis.

RESPON ORGANISASI TERHADAP TEKANAN BISNIS

  1. Sistem dan Managemen Strategi

Lenovo Group Limited, sebelumnya dikenal dengan nama Legend Group, adalah produsen PC terbesar di Republik Rakyat Cina. Pada 2004, Lenovo adalah produsen PC terbesar kedelapan di dunia. Lenovo juga menjual server, komputer genggam, perangkat pencitraan, dan telepon genggam. Selain itu, Lenovo juga menyediakan integrasi teknologi informasi dan jasa dukungan kepadanya. Unit QDI-nya menawarkan produksi secara kontrak. Pada Desember 2004, Lenovo mengumumkan keinginannya untuk mengambil alih divisi PC IBM, perusahaan Amerika Serikat yang pernah mempunyai monopoli dalam pasar PC. Pengambilalihan ini diharapkan akan membuat Lenovo dapat mengembangkan sayapnya di Barat agar dapat menjadi produsen PC terbesar ketiga di dunia. Lenovo didirikan di Cina pada tahun 1984, Lenovo adalah salah satu pemimpin global dalam bidang komputer. Menghasilkan produk berkualitas tinggi dengan teknologi yang progresif dan bisa diandalkan. Laptop Lenovo adalah perangkat yang dapat membantu meningkatkan produktivitas secara pribadi dan juga dalam berbisnis.

Pada saat ini banyak bermunculan nama-nama perusahan yang bergerak dalam bidang yang sama seperti Lenovo,sehingga persaingan semakin ketat. Perusahaan perusahaan ini terus berlomba lomba untuk memberikan hal yang baru kepada konsumen khususnya di wilayah Indonesia. Pada saat ini Lenovo telah memiliki anak perusahaan di Indonesia yang bertempat di Ibu kota Jakarta dan pusat perusahaan Lenovo di Asia Tenggara adalah Singapore.

Pada Desember 2004, Lenovo mengumumkan keinginannya untuk mengambil alih divisi PC IBM, perusahaan Amerika Serikat yang pernah mempunyai monopoli dalam pasar PC. Pengambil alihan ini diharapkan akan membuat Lenovo dapat mengembangkan sayapnya di Barat agar dapat menjadi produsen PC terbesar ketiga di dunia.
Pada 1 Mei 2005, Lenovo dengan resmi mengambil alih divisi PC IBM tersebut.

2. Fokus ke Pelanggan                                                                                                           Blue Power Technology (BPT) dan Lenovo hari ini mengumumkan perluasan kerjasama di antara kedua institusi untuk lebih meningkatkan layanan purna jual solusi enterprise Lenovo di Indonesia. Melalui perluasan kerjasama ini BPT dipercaya menjadi Lenovo Authorized Warranty Service Provider (AWSP) untuk membantu pelanggan mengatasi gangguan dan masalah yang terjadi pada produk dan solusi Lenovo mulai server, storage, dan Flex System sesuai dengan jaminan garansi yang diterima.

Ditunjuknya BPT sebagai Lenovo AWSP adalah sebuah kemajuan besar yang memungkinkan pelanggan dan mitra bisnis mendapatkan layanan kelas dunia sesuai kebutuhan para pengguna dan sejalan dengan visi BPT menjadi IT Expert Partner. Ke depannya semua server, storage, dan produk Flex System Lenovo di seluruh Indonesia yang mengalami kerusakan parts akan diarahkan ke BPT call center untuk mendapatkan layanan penggantian spare parts.

REFERENSI

https://id.wikipedia.org/wiki/Lenovo

http://ariefanshare.blogspot.co.id/2015/01/sistem-informasi-manajemen-1-penulisan_25.html

http://swa.co.id/swa/listed-articles/survei-tbr-lenovo-unggul-dalam-kepuasan-konsumen-korporasi

http://www.beritasatu.com/iptek/398495-inovasi-dan-teknologi-kunci-untuk-maju-dan-bersaing.html

http://bisnisi.com/kenali-etika-bisnis-dan-tanggung-jawab-sosial-perusahaan/

https://tandamatabdg.wordpress.com/2015/09/10/regulasi-atau-deregulasi/

https://agilbox.wordpress.com/2015/01/22/ancaman-dan-keamanan-sistem-informasi/

https://ardyeko.wordpress.com/2016/01/03/isu-etika-signifikan-dalam-dunia-bisnis-dan-profesi/

http://machzeolita.mhs.narotama.ac.id/tugas-uts-manajemen-strategik-lenovo/

http://indrayudhast.blogspot.co.id/2014/09/sistem-informasi-manajemen-asus-vs.html

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *